3. Teka – teki Sphinx

Sphinx adalah salah satu makhluk mitos bercirikan kepala manusia dan bertubuh singa. Sphinx yang kini menjadi icon dari kota mesir kuno, adalah patung yang sangat didewakan mesir kuno. Dalam tradisi Yunani, Sphinx yang memiliki tubuh singa, memiliki sayap burung sangat besar dan kepala seorang wanita. Makhluk mistis tersebut konon buas dan berbahaya, dimana mereka yang tidak dapat menjawab teka-teki yang diberikan akan dimangsanya. Dan konon kabarnya karena teka-tekinya terjawab, Sphinx melempar dirinya sendiri dari tebing hingga tewas.

4. Cahaya Dendera

Peradaban mesir kuno memang memiliki banyak sekali hal-hal yang menakjubkan, membuat kota mesir kuno ini disebut sebagai yang paling maju dizamannya.

Picture by : angrybirdsriogame.info

Seperti dibawah Kuil Hathor di Dendera, terdapat ruang bawah tanah yang dindingnya dihiasi oleh reflief yang sangat aneh. Dan dipercaya bahwa relief ini adalah bukti teknologi cahaya listrik Mesir kuno yang disebut Cayaha Dendera.
Secara singkat pahatan ini terlihat seperti sebuah bola lampu dengan ukuran yang besar, dan terdiri dari pilar, bunga teratai, ular dan monyet yang memegang pisau.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *