3. Petugas Pengisi Bahan Bakar

Saat ini di Indonesia sedang melakukan uji coba sistem pengisian bahan bakar mandiri di beberapa statsiun pengisian BBM milik Pertamina. Pelanggan dilatih untuk bisa mengisi BBM secara mandiri (self-service) maupun melalukan pembayaran secara non tunai. Pelayanan self-service dan cash-less ini pun memberikan banyak sekali efisiensinya sih. Sebab untuk satu lajur yang berisi 4 dispenser biasanya diisi 4 petugas kini hanya perlu 1 petugas yang hanya mendampingi guna memberikan instruksi cara pengisian.

4. Teller Bank

Dengan perkembangan teknologi, kini setiap bank mulai menghadirkan mesin ATM yang canggih. Selain bisa tarik tunai, transfer uang dan segala macam pembayaran tagihan, ATM juga menghadirkan fitur setor tunai. Kemajuan ini membuat peran teller mengalami penurunan hampir 8% dan akan menghilang di 10 tahun kedepan. Dan, tanpa kita sadari hal ini sudah kita nikmati juga beberapa tahun belakangan. Karena dengam hadirnya sistem baru dari bank, sudah termasuk mempermudahkan sebagian kita yang sibuk bekerja dan tidak sempat mengikuti antrian yang sudah diberlakukan oleh masing-masing bank. Hal ini pun bisa kapan saja kita lakukan baik siaang atau pun malam hari. Seperti transfer uang, tanpa harus menunggu waktu bank buka di pagi dan sore hari.

5. Kasir

Sudah tidak lumrah lagi jika berbelanja di ritel swalayan pastinya membayar belanjaan di kasir, bukan? Percaya atau tidak, dalam 10 tahun ke depan sebanyak 6 – 7,5 juta pekerja ritel tidak lagi akan tergantikan oleh robot dan teknologi. Artinya, sekitar 16 juta orang yang bekerja sebagai kasir akan terancam. Dan ini pun berlaku bagi kita semua nantinya. Apalagi mereka yang sibuk bekerja.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *