Ibu..ibu engkaulah ratu hatiku…salah satu penggalan lagu mengenai ibu ini bikin hati nyess ya.Ibu selain pelita hati kita,Ibu merupakan segala-galanya bagi anak-anaknya.Beliau yang kerap kali dibilang sosok wanita yang lemah ternyata memiliki kekuatan dan benteng hati yang super dalam menghadapi berbagai masalah.Intinya Ibu paling pinter menyimpan dan menatata rapi hatinya apabila terluka didepan siapapun,sehingga si anak tidak pernah tau apa isi hati Ibunya.Tapi beliau adalah peramal ulung tentang masing-masing sikap anaknya dan keluarganya.

Dan tak lupa juga ibu adalah seorang yang telaten serta mendetail dalam hal mengurus rumah tangga.Jadi jangan heran dan jangan jenuh bila ibu sudah mulai mengingatkan kita akan hal ini itu atau yang sering disebut kebanyakan orang adalah ibu itu cerewet. Cerewet yang kita maksud disini adalah setiap seorang ibu sangat menginginkan yang terbaik buat keluarganya.Dan jangan salah juga ibu itu adalah mahkluk serba bisa dalam segala hal dirumahnya,selain sebagai istri dan ibu bagi anak-anaknya…beliau juga bisa berperan sebagai guru,chef,cleaning servis,loundry,dokter dirumahnya.Itu semua yang ia lakukan hanyalah untuk anak-anak dan keluarganya,Nah..ingin tau lebih jelas tentang ibu yang begitu detail disini mari kita simak apa aja sih nasihat ibu dan wejangan ibu yang bikin hati kita nyaman,tenang,dan adem.Walaupun kadang rada-rada bikin kuping kita panas dengarnya karena hari ke hari hanya bahas itu ke itu saja ^.^.Yuk disimak :

  1. DISIPLIN WAKTU

Itu adalah kata-kata yang paling sulit untuk didengar oleh sebagian anak.Kenapa harus disiplin?Ibu selalu menginginkan anaknya untuk disiplin.Apalagi dengan waktu.Dari bangun tidur untuk pergi sekolah beliau selalu membangunkan kita sangat awal,dan kadang membuat hati si anak dongkol karena masih ngantuk tadi.Maksud si ibu disini mengingatkan agar anak tidak terlambat kesekolah dan bisa ada jeda waktu buat si anak untuk menyiapkan segala hal yang menyangkut dengan sekolahnya,ini mencegah agar anak tidak jadi lelet atau pelupa karena buru-buru kesekolah.

2. PANDAI BERHEMAT DENGAN UANG

Taukan pepatah ada yang bilang “hemat pangkal kaya” .Hemat yang dimaksud bukan pelit.disini si Ibu berharap kepada si anak agar anak tidak boros dalam menggunakan uang yang diberikan oleh Ibunya.Dan bisa serta pintar dalam menggunakan uang yang sudah diberi dan tidak menggunakannya untuk hal-hal yang tidak diperlukan.Ini berguna agar si anak suatu saat bisa membantu keuangan keluarga saat ekonomi keluarga melemah, setidaknya si anak bisa menggunakan uang tadi untuk keperluan sekolahnya disaat orang tuanya mengalami kesulitan keuangan.Jika kita tanamkan pada si anak sejak dini akan berguna bagi mereka kelak dewasa.

3. MURAH SENYUM DAN RAMAH KEPADA ORANG

Terkadang disini ibu pernah mengalami tersulutnya kemarahan kepada sibuah hati jika ketemu atau berpasan dengan orang yang dikenal cuek aja alias acuh.Padahal hal itu sangat tidak baik buat si anak.Dengan beramah-tamah setidaknya memberikan senyuman kepada orang yang kita kenal, orang tersebut akan senang hati dan mengigingat akan orang tua si anak (Jika yang mereka tegur atau senyumin adalah teman ortunya).Maka mereka akan senang dengan kita dan orang tua kita.Karena orang tersebut dihatinya sudah menilai bahwa anak si”A” ramah dan senang dengan didikan ortu anak tersebut.Padahal itu cuma hanya senyuman atau teguran saja loh..tapi sangat berpengaruh besar bagi reputasi orang tua anak.Tuh..Jangan cemberut-cemberut ya say ,ntar cepet tua loh ^.*.

4. BUANG SAMPAH PADA TEMPATNYA

hahaha…ini nih yang kadang anak suka semena-mena sama dengan sampah..dah tau ibunya super pembersih dan suka akan kerapian.Tapi ya itu tadi emang dasar anak-anak susah bener ngasih taunya untuk hal sampah ini.Kadang-kadang nih udah di ingatin berkali-kali masiiihhh aja tetep dilanggar dan dibuat lagi dan lagi.Kadang suka nyelip-nyelipin sampah didalam rumah karena saking malesnya kebelakang buat buang sampah abis makan camilan dll.Padahal sudah tau “kebersihan adalah pangkal kesehatan”.Hmmm..entahlah kadang susah nak bilang,tapi ya itu tadi walaupun ibu adalah makhluk yang cerewet tapi disebalik cerewetnya,beliau juga sosok ibu yang supeerrrr penyabar ^.^.Liat saja walaupun sudah mengomel panjang tetap saja beliau melakukan sendiri tugas rumah tersebut tanpa dibantu anak-anaknya yang udah gak mempan dengan ceramah ibunya hari-hari hehehe…

Gimana mahkluk-mahkluk kecil yang bergelar seorang anak,sudah tau kan kenapa ibu itu terkenal dengan nasehat dan wejangannya?Jangan cepat salah tanggap ya nak dan jangan pernah berpikiran buruk tentang ibu kalian..Karena itu semua yang beliau lakukan adalah yang terbaik buat kalian.Dan itu berguna kelak bagi kalian sudah dewasa nanti akan mengerti arti sebenarnya kehidupan yang akan kalian jalani.Nah……udah mulai pelan-pelan dirubah ya nak,sifat dan sikapnya biar kelak jadi anak yang bermanfaat dan berguna untuk orang banyak.Yuk dicoba biar hati ibu kalian senang..^.*

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *