Kemarin itu, fames.id, seharian full keluyuran Kota Kembang sebelum memutuskan untuk pulang ke Kota kelahiran. Kesempatan kali ini, benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena, hal ini tidak akan terulang kembali dengan jam, waktu, serta hari yang sama. Yes…, setelah menjelajahi Taman Hutan Raya dini hari , fames.id melanjutkan perjalanan ke Museum Geologi.

Pada taukan Museum Geologi, Bandung. Yang merupakan Museum tertua di Indonesia. Jadi, fames.Id seharian penuh jalan-jalan yang bermanfaat. Selain refresh otak yang sudah jenuh dengan segala rutinitas, sekalian cuci mata dengan hal-hal baru di Kota Kembang, sambil mengisi ilmu yang masih cetek ini. Karena, semakin banyak yang ingin kita ketahui atau semakin banyak belajar, ternyata banyak juga yang Kita tidak ketahui. Itu menurut fames.id, sih.

Sesampainya di Museum Geologi, fames.id langsung membeli tiket masuk yang di bandrol dengan harga :

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung

DewasaRp3.000
MahasiswaRp2.000
AnakRp2.000
International TouristRp10.000

Harganya super murah banget. Kebayangkan, harga murah, ilmu makin bertambah. Yang masuk ke sini boleh siapa saja, tanpa ada batasan umur . Dan, itu berlaku untuk semua ruangan yang ada di dalam Museum Geologi beserta fasilitas-fasilitas yang tersedia. Kecuali, souvenir, itu wajib beli ya, kalau mau buat oleh-oleh atau kenang-kenangan. Saat fames.id berkunjung ke Museum, banyak sekali anak-anak sekolah dari pendidikan dasar hingga menengah ke atas yang sedang study tour ke tempat ini. Saran dari fames.id saat berkunjung, harus tetap hati-hati dengan barang-barang yang terpajang di Museum. Karena, semua merupakan benda yang sangat bersejarah sekali.

A. APA ITU GEOLOGI

Mungkin sebagian dari Kita sudah banyak yang paham dengan Geologi, dan ada juga yang belum paham maksud dari, apa itu Geologi?

Geologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari segala sesuatu tentang planet Bumi beserta segala isinya. Sedangkan ilmu Geologi sendiri merupakan kelompok ilmu yang membahas tentang sifat, bahan yang membentuk bumi, struktur-struktur, proses yang bekerja di dalam maupun di atas permukaan bumi, kedudukannya di Alam Semesta serta sejarah perkembangan bumi hingga sekarang.

Seperti namanya yaitu : Museum Geologi, tempat ini banyak sekali menyimpan berbagai koleksi yang berkaitan dengan Geologi. Seperti : batu-batuan, berbagai macam fosil, hingga mineral. Semua barang-barang bersejarah ini terkumpul selama puluhan tahun, sejak tahun 1850-an.

B. TATA LETAK RUANGAN MUSEUM GEOLOGI BANDUNG

Untuk ruangan Museum ini, lumayan besar dan adem juga. Jadi tidak khawatir kepanasan. Sedangkan, tata letak ruangan peragaannya sendiri memiliki 4 ruangan yaitu :

7 replies
  1. citra
    citra says:

    Wah keren sekali penjelasan mengenai museumnya, awalnya juga ga paham setelah baca sampai tuntas eh jadi mupeng juga ingin ikutan explore tempat ini suatu hari nanti

    Reply
  2. Renov
    Renov says:

    Saya orang Bandung tapi belum pernah ke museum geologi. Duh. Padahal museumnya dekat banget sama rumah Uyut. Biasanya anak sekolah atau keluarga dengan anak ya yang membawa ke museum ini. Kalau liat dari pemaparan kak Noven sih keliatannya seru banget. Saya sendiri juga suka hal hal berbau fosil dan dinosaurus

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *