Kadang sehabis membuat kue-kue untuk persiapan lebaran atau hanya iseng ingin membuat kue untuk si kecil, pastinya suka bingung dengan sisa putih telur mau di apakan lagi,ya..,Mom’s.

Bahkan bosen kalau harus dikukus terus. Ada juga yang dibuat lidah kucing, itu juga kalau rajin bikin kue lagi. Tapi kalau sudah hobby bikin kue mau sisa bahan apapun pastinya akan jadi aja kue model baru ala-ala Mom’s sendiri.

Nah, kemarin itu, fames.id iseng membuat kue sisa dari putih telur. Sempat bingung juga mau di buat apa sisa putih telurnya. Terus akhirnya searching-lah cari tau kue kering apa saja yang bisa dibuat dari sisa putih telur yang lumayan ada di rumah. Setelah puas scroll segala macam jenis kue dari putih telur, akhirnya fames.id jatuh hati dengan kue warna-warni yang di beri nama “Meringue.” Namanya cukup unik ya, Mom’s seunik dengan bentuk kuenya yang warnanya meriah.

Meringue atau yang bisa disebut kue busa merupakan makanan yang berbentuk seperti permen dengan rasa manis. Bahannya terbuat dari putih telur dan juga gula yang dikocok sampai mengembang.

Menurut sejarah yang fames.id baca, kue ini sudah ada sejak tahun 1600-an. Pembuatan kue ini cukup sederhana. Apalagi dari jenis bahannya. Namun, terkadang ada saja yang gagal saat membuat kue tersebut. Termasuklah fames.id. Setelah melakukan percobaan yang ke-2 barulah berhasil. Rasa puas-pun terbayar. Benar kata orang. Jika hasil akhir bagus itu, ada rasa bangga tersendiri buat emak-emak yang doyan baking.

Membuat kue itu memiliki teknik tersendiri. Jadi kalau salah-salah takaran dan juga cara pencampuran bahan, Bisa-bisa ambyar. Termasuklah kue yang satu ini, emang bener-bener susah-susah gampang. Saat kita mulai mengocok putih telur otomatis udara masuk ke dalamnya, sehingga volume putih telur juga akan bertambah.

Jadi, semakin lama kita mengocok telurnya, maka semakin banyak busa yang terbentuk dan volume putih telur pun akan semakin bertambah. Namun jika hanya menggunakan putih telur saja, busa-busa yang terbentuk tidak akan bertahan. Maka dari itu kita  perlu menggunakan asam tambahan sebagai stabilizer atau pengikat volume putih telur. Kemarin itu fames.id menggunakan lemon sebagai asamnya.

Selain dari bahan, juga ada tips dalam menggunakan wadah juga untuk membuat kue bisa ini. Agar hasilnya memuaskan. Nah, kemarin itu pertama kali gagal membuat karena, fames.id menggunakan wadah plastik. Ternyata ini salah. Mengapa? Setelah lama searching-seraching, menggunakan wadah plastik kemungkinan besar masih menyimpan sisa lemak-lemak membandel yang tanpa kita ketahui.

Bisa saja kurang dalam membersihkannya, saat memakai wadah tersebut sebelumnya. Karena plastikkan bahan yang paling cepat menyerap molekul-molekul lemak. Walaupun terkadang sudah dicuci bersih-bersih pastinya akan ada sisa dari lemak tersebut yang menempel.

5 replies
  1. Renov
    Renov says:

    Seru nih bikin Meringue sendiri. Biasanya Ibu suka beli yang ada cookies di bawahnya. Alhasil banyak kue yang hilang si mahkota Meringue karena perbuatan saya hehe. Ternyata buatnya tidak terlalu sulit juga ya.

    Reply
  2. Ipeh
    Ipeh says:

    Aku baru tau kalo bikin kue juga bisa pake perasan air jeruk nipis. Aku pengen coba jadinya. Lumayan buat stok cemilan juga. Bahannya soalnya ada di rumah . Terima kasih yaa kak resepnya

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *