Pernah ngga’ sih, merasakan down.
Terkadang suka sedih sendiri tanpa tahu sebab akibatnya.

Merasa diri berada di titik terbawah dan merasa paling tidak berharga di dunia.Kalau jawabannya,”iya” berarti kita satu server. Fames.id pernah mengalami hal seperti yang disebutkan tadi.

Seiring berjalannya waktu, fames.id akhirnya mulai menggali diri untuk mencari tahu apa penyebabnya. Dari mulai rajin searching sana-sini di internet, membaca satu persatu artikel-artikel  yang ada. Begitu banyak hal yang fames.id dapatkan.

Afirmasi memainkan peran penting dalam membentuk cara kita menjalani hidup setiap hari.Bahkan mengajarkan kita, akan menjadi siapa kita nantinya.

“Kita adalah apa yang  di katakan pada diri sendiri.”

Seolah ada kekuatan dalam pikiran dan apa yang kita katakan. Yang benar adalah, TIDAK ADA yang bisa menghancurkan Kita- kecuali kita yang mengizinkannya. Termasuklah pendapat orang lain tentang kita, itu tidak dihitung kecuali kita yang menginginkannya. Jadi, pikiran kita, hanya kita sendiri yang mindset.

Setelah banyak yang dipelajari sehingga setiap mata ini terbuka di pagi hari selalu ada 6 cara motivasi diri yang harus di Ingat setiap saat bagi fames.id, yaitu :

1. Saya Cukup

Hal paling utama yang harus fames.id ucapkan adalah “Saya Cukup”. Tidak ada seorang pun dan tidak ada di seluruh dunia yang dapat melengkapi kita selain Tuhan. Kita juga harus menyadari bahwa semua yang di butuhkan untuk mengatasi permasalahan dan apa yang kita inginkan terletak tepat di dalam diri sahabat fames.id sendiri. Jangan pernah mencari validasi dari tempat lain. Sebaliknya, lihat lagi ke dalam diri.

Lihatlah seberapa jauh kita telah hadir di dunia ini, semua yang telah di lalui, namun kita masih bisa berdiri kokoh. Biarkan hal-hal lain mengalir sebagai pendorong kita dan memotivasi setiap hari. Semoga dengan Kita merasa cukup semua akan berjalan lancar, serta bisa menjadikan kekuatan buat kita.

2. Saya Unik

Jarang yang akan mengatakan hal ini pada diri kita. Kecuali kita sendiri. Hal ini harus dilakukan. Karena merupakan salah satu bentuk syukur kita kepada-NYA. Bersyukur karena kita bisa hadir di muka bumi ini dalam keadaan fisik lengkap dan sehat.

“Tidak ada yang bisa menggantikan kita, dan kita juga tidak bisa mengambil tempat siapa pun. “

“Tidak ada yang bisa menggantikan kita, dan kita juga tidak bisa mengambil tempat siapa pun.”

Sama halnya dengan pepatah, yang orang-orang sering menyebutkan bahwa, ” Rumput tetangga lebih hijau”. Segera tepis pikiran tersebut. Ganti dengan kata-kata bahwa rumput kita lebih hijau dari tetangga apapun yang terjadi. Tidak perlu untuk mengecek keadaan rumput tetangga. Fokuskan pada diri sendiri.

Dunia saat ini memiliki begitu banyak salinan, begitu banyak peniru, dan begitu banyak orang yang bangun setiap hari dan memasang fasad. Tergantung fasad apa yang ia pasang, baik atau buruk. Salah satunya seperti, media sosial yang begitu banyak status berseliweran tampak seolah-olah si ABC memiliki semuanya dengan baik. Apakah itu keluarganya, hartanya, liburan-liburannya yang mewah di luar negeri dan lain-lain. Jangan pernah menghiraukan hal-hal seperti itu, karena itu hanyalah hasil dari kesuksesannya. Kembali fokus dengan kehidupan kita.

Karena kebahagian bisa saja datang dan pergi dalam hidup kita. Dan, siapa yang Allah kehendaki mendapatkannya. Masing-masing dari kita dibuat dengan kemampuan unik dan dunia membutuhkannya. Dunia membutuhkan sentuhan kita, itu yang paling penting. Jadi belajarlah untuk merangkul siapa kita. Rangkul terus keunikan yang dimiliki, karena itu adalah nilai jual kita.

3. Jangan Puas Dengan Kekurangan Kita

Kata-kata ini keluar bagi fames.id bukan untuk menyaingi orang lain. Tapi lebih kepada untuk menyemangati diri. Setiap orang memiliki kekurangan. Tapi bagaimana cara ia menutupinya? Yaitu dengan lebih banyak belajar dan terus belajar. Kita terlahir itu sudah luar biasa, tetapi itu tidak akan pernah menjadi kenyataan dalam hidup. Sampai kita bisa mempercayainya dengan menyempurnakan kekurangan dan kelemahan kita.

Artinya kita harus memiliki standar hidup. Sesuai dengan kemampuan masing-masing, apabila lebih itu benar-benar luar biasa. Teruslah berkata, “Saya akan terus bekerja dan tetap fokus sampai mencapai tujuan yang di inginkan. “

Atau lebih tepatnya, katakan pada diri sendiri, “Saya TIDAK akan puas hari ini dalam perjalanan spiritual saya, akademisi, tempat kerja, bisnis, keuangan, kesehatan, hubungan, dan lain-lain. Dan saya akan terus berusaha dan belajar terus dan terus.”

11 replies
  1. Bayu Fitri
    Bayu Fitri says:

    Rasa percaya diri dan kemauan yang kuat akan membentuk kesadaran diri ya mbak ujung2nya jadi orang gak gampang menyerah ketika menghadapi halangan dan masalah bener juga sih..

    Reply
  2. Ipeh alena
    Ipeh alena says:

    Ternyata berpengaruh juga ya bahasa atau kata-kata yang kita pikirkan, kita yakini, kita baca sampai kita ucapkan. Saking punya pengaruh besar sampai ada kutipan berkata baik atau diam. Baru paham kalau sampai berpengaruh seperti ini. Dahsyat banget

    Reply
  3. citra
    citra says:

    Setuju banget kalau kita itu harus be yourself. Kekurangan dan kelemahan bukan menjadi tolak ukur buat kita tidak bisa untuk maju tetapi kita bisa belajar dari kelemahan dan kelemahan itu menjadi kekuatan kita

    Reply
    • Noven Novrasilvia
      Noven Novrasilvia says:

      Kelemahan-kelemahan yang bisa mengajarkan kita menjadi pondasi yang kuat. Dengan kita percaya sama diri sendiri dan menjadi diri kita. Masukan yang ada boleh sekali2 tetapi tetap harus kita saring dengan baik.

      Reply
  4. i n n a
    i n n a says:

    Seperti kata pepatah apa yang di pikiranmu ya itu yang akan terjadi ya, motivasi diri ini memang benar dan bermanfaat banget , yang penting percaya diri , jangan cepat puas juga, berikan kata2 positif kepada diri sendiri ya

    Reply
    • Noven Novrasilvia
      Noven Novrasilvia says:

      Iyes…bener. Jangan pernah menjadi manusia yang cepat puas dengan pencapaian yang baru saja kita miliki. Dan jangan pernah tetap berada dizona nyaman juga.Kalau keasyikan nyaman ntar nyungsep ya..,mbak..hehehe…

      Reply
  5. Deris Afriani
    Deris Afriani says:

    Afirmasi nih memang penting banget. Untuk mencintai orang lain, kita harus mencintai diri sendiri dulu. Keren bahasannya Kak. Bikin semangat buat upgrade diri dan menyadari bahwa semua kebaikan harus berawal dari pikiran positif terhadap diri sendiri.

    Reply
    • Elva s
      Elva s says:

      Pada dasarnya hampir semua orang pernah mengalami nya ya kak. Tapi gak semua orang mampu untuk bangkit dari keterpurukan.
      Makanya sebisa mungkin intropeksi diri dan yakin atas kemampuan diri sendiri.

      Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *