Ketika masuk ajaran baru, sebagian orang tua sibuk mempersiapkan segala perlengkapan sekolah anak-anaknya.

Tentunya anak sebagai point utama. Mereka akan merasakan suasana yang berbeda dari biasanya. Dari yang nyaman sehari-hari bersama orang tuanya. Bangun tidur sesuka hati. Dan bermain bersama teman dilingkungan rumahnya tanpa batas waktu. Kini mereka harus belajar untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah.

Tentunya akan ada rasa khawatir antara orang tua dan anak. Takut anak bad mood. Orang tua yang risau saat anak berada di lingkungan baru. Perasaan yang muncul seperti itu wajar adanya. Fames.id pun merasakan hal tersebut beberapa kali.

Agar tidak muncul rasa khawatir antara orang tua dan anak, berikut tips wajib dilakukan orang tua saat Anak masuk sekolah baru :

1. Mengenal lingkungan sekolah terlebih dahulu

Sebelum mendaftarkan anak ke sekolah baru, ada baiknya kita sebagai orang tua untuk bisa mengajak anak terlebih dahulu ke tempat sekolah yang diinginkan.

Hal ini kita lakukan agar anak mengenal lingkungan sekolahnya dan apa saja yang akan mereka lakukan nantinya. Mengajaknya berkeliling di sekolahan. Mengenalkan ruangan-ruangan beserta fungsinya secara perlahan. Lambat-laun anak akan terbiasa dengan lingkungan sekitar.

2. Mengajaknya terlibat dalam pendaftaran

Saat mendaftar sekolah, sudah pasti anak akan ikut langsung dalam serangkaian yang ada. Pendaftaran ini akan mengajarkan anak agar tidak canggung saat berada ditempat tersebut. Berhadapan dengan keramaian. Serta berkenalan dengan teman-teman yang datang saat mendaftar. Otomatis meningkatkan rasa percaya diri anak saat nanti masuk sekolah. Karena Ia sudah berkenalan dengan beberapa teman yang hadir.

3. Membeli peralatan sekolah

Moment ini termasuk sangat penting ya.., mom’s. Melibatkan si anak dalam membeli perlengkapan sekolah. Ini akan membuat Ia bersemangat. Bahwa sekolah itu sangat mengasikkan.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.