Membeli peralatan sekolah sambil bercerita tentang bagaimana sekolah nanti, apa-apa saja yang akan Ia lakukan. Tentunya, bercerita yang menyenangkan tentang sekolah membuatnya nyaman nantinya disekolah.

4. Mengantar dan menunggu anak di sekolah

Ketika hari pertama sekolah, biasanya pihak sekolah mengizinkan orang tua untuk mengantar serta menunggu anak di sekolah beberapa hari kedepannya. Moment ini biasanya fames.id manfaatkan untuk berinteraksi ke anak. Memberikannya arahan.

Seperti : bagaimana meminta izin saat ingin ke kamar kecil, menunjukkan tangan jika ingin bertanya atau menjawab pertanyaan, bagaimana cara ke kantin sekolah, dan lain-lain. Dan tak lupa mengingatkan anak untuk menumbuhkan rasa sayang ke teman agar tidak berantem, berbagi dan menolong teman yang kesusahan. Emang kadang rada gampang-gampang susah, sih..😅 Apalagi mood anak yang kadang naik turun.

5. Membangun Interaksi antara orang tua dan
    guru

Membangun interaksi orang tua dan guru ada pentingnya juga lho.., Mom’s. Apalagi untuk anak yang baru masuk sekolah dasar. Ini bertujuan agar orang tua bisa memantau perkembangan anak lewat gurunya. Selain menepis rasa khawatir kita terhadap anak. Dengan begitu kita bisa mengobati rasa rindu kita lewat guru tentang perkembangannya.

Apalagi untuk anak yang mungkin memiliki sakit yang mengkhawatirkan. Atau anak yang memiliki kebutuhan khusus. Setidaknya guru juga tidak kebingungan dengan sikap dan prilaku anak-anak muridnya. Jadi benar, sangat penting membangun komunikasi antara guru dan orang tua murid. Dengan perkembangan teknologi yang canggih zaman sekarang. Semua bisa kita dapatkan. Termasuk alat komunikasi yang memadai. Jadi,segala tentang perkembangan si anak secara cepat bisa kita dapatkan.

Perasaan khawatir pastinya ada disetiap orang tua. Karena harus melepas anak untuk mandiri tanpa bimbingan langsung dari kita orang tuanya. Karena ini kewajiban mau tidak mau, suka tidak suka pastinya harus dijalani. Suatu saat anak pastinya akan menjalani kehidupannya sendiri tanpa selalu berada di dekat kita. Bagaimana cerita Mom’s fames.id lainnya tentang hari pertama sikecil masuk sekolah? Yuk.., jangan lupa ceritakan keseruannya di kolom komentar, yaa.. 😉

Jangan lupa juga, kepoin blog temen fames.id mbak Elva tentang tips menjaga kesehatan mental. Semoga bermanfaat ☺.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *